Kamis, 23 Januari 2014

saat teduh membawa berkat


SAAT TEDUH YANG MEMBAWA BERKAT
Sat, 09/26/2009 - 12:33 — administrator
   Mesin mobil dan motor perlu di-tune-up. Alat pendingin dirumah juga perlu diservice secara teratur. Demikian pula kehidupan kita. Kita perlu saat teduh secara regular untuk menyegarkan kembali kehidupan kita. Apakah saat teduh itu? Mengapa kita perlu bersaat teduh? Dan apa yang harus kita lakukan agar saat teduh bermanfaat dan membawa berkat tidak hanya bagi kita tetapi juga bagi orang-orang sekitar kita? Simak yang berikut.
APAKAH SAAT TEDUH ITU?
Ada banyak istilah untuk saat teduh. Ada yang menamakannya meditasi, waktu merenung, ataupun saat tenang. Apapun istilahnya, saat teduh adalah saat yang kita sisihkan untuk pengembangan diri secara utuh(personal growth).
WAKTU KHUSUS
Saat teduh merupakan waktu khusus yang kita sisihkan untuk mengisi kembali ”baterai” kehidupan kita, yang mungkin sudah melemah. Waktu yang perlu disisihkan ini janganlah waktu “sisa”, tetapi haruslah waktu dimana kita justru dalam kondisi prima, sehingga konsentrasi bisa penuh dan saat teduh bisa bermanfaat optimal.
WAKTU REGULER
Saat teduh harus disisihkan secara regular. Ada saat teduh yang perlu kita sisihkan setiap hari(dipagi, siang, ataupun malam hari). Ada saat teduh mingguan(hari Sabtu, Minggu, ataupun hari lainnya), ada pula saat teduh yang perlu kita sisihkan untuk mengevaluasi dan membuat perencanaan tahunan(Desember, Januari, atau dihari ulang tahun kita)
TUJUAN
Saat teduh bertujuan untuk mengisi kembali baterai kehidupan spiritual, mental dan emosional kita. Disaat teduh kita memupuk pertumbuhan diri secara utuh(mental, emosional dan spiritual)Jadi dalam saat teduh, kita melakukan evaluasi, membuat perencanaan, mencari solusi, memupuk pengetahuan dan mendekatkan diri pada Yangmahakuasa.
MENGAPA SAAT TEDUH PENTING?
Saat teduh penting dan wajib kita alokasikan karena memberikan banyak manfaat bagi kita secara pribadi dan juga tentunya berdampak positif bagi orang-orang disekitar kita.
KEDAMAIAN
Jika selama ini yang kita lihat dari kehidupan sehari-hari adalah tembok-tembok kegiatan, pekerjaan dan masalah, disaat teduh kita bisa menemukan kedamaian, karena kita mengistirahatkan sejenak pandangan kita dari berbagai pandangan kesibukan dan masalah.
JALAN KELUAR
Disaat teduh, kita mencoba melihat kehidupan kita dari sisi yang berbeda. Kita bisa melihatnya dari “atas”. Kita bisa mencoba melihat kembali permasalahan kita dari “atas” dengan pandangan yang lebih luas kearah segala kegiatan kita yang telah dan sedang kita lakukan serta melihat jalan kedepan serta solusi dari berbagai permasalahan kita tersebut.
PENGEMBANGAN DIRI
Kita juga bisa mengisi saat teduh dengan berbagai kegiatan yang menambah pengetahuan, memperluas wawasan melalui buku-buku dan literatur yang kita baca, kaset, atau CD yang kita dengar, serta tayangan audio visual yang kita lihat dan nikmati. Dengan demikian, jika selama ini kita berbagi ilmu dengan orang lain, saat ini kita mengisi tangki ilmu, pengetahuan dan wawasan kita dengan yang baru, sehingga kita selalu bisa memberikan penyegaran bagiorang-orang disekitar kita.
KEKUATAN
Kita juga bisa mendapatkan berbagai kekuatan baru dari saat teduh. Kekuatan spiritual, karena pada saat ini kita bisa mengalokasikan waktu untuk berkomunikasi dengan intensif dengan Yangmahakuasa, sehingga kita lebih tenang dan lebih bijak dalam menghadapi berbagai masalah. Kita juga bisa mendapatkan kekuatan mental dan emosional dari bacaan yang kita tekuni, perenungan kita, evaluasi diri dan perencanaan yang kita buat selama saat teduh tersebut.
http://ciluar.keuskupanbogor.or.id/node/272

Tidak ada komentar:

Posting Komentar